Saturday, September 9, 2017

Belajar Security

Ada banyak cara untuk belajar security.

1.  Ikut kuliah di kampus yang menyediakan program studi khusus tentang security. Saat ini di kampus-kampus di Indonesia sudah ada beberapa program studi yang khusus tentang keamanan informasi. Yang saya tau ada di ITB, SGU, UI, Maranatha, Unla dan sebagainya.


2. Belajar dari program sertifikasi di bidang keamanan informasi. Misalnya ada CISSP, CISA, CEH, Cisco Security dan sebagainya. Materi sertifikasi ini banyak yang tersedia online.


3.  Gabung sama komunitas. Sudah banyak komunitas bagus di negeri ini buat belajar security. Umumnya komunitas-komunitas ini hidupnya di internet.  Tapi seringkali juga mereka ngadain acara-acara offline yang menarik.

4.      Ikut acara-acara yang diadakan kampus.


5.      Autodidak di internet, ada banyak materi-materi dan tutorial tentang security.


Umumnya orang security seneng kalo ditanya karena kita kekurangan banyak orang di bidang security.


Kumpulan Website untuk Belajar Internet Security

Banyak website yang menyediakan layanan belajar ini, berisi tutorial-tutorial yang dapat menjadi referensi bagi anda yang ingin belajar jaringan.
1.      Hacking-Tutorial.com
Website ini berdiri pada tahun 2007 silam.  Selain belajar, anda juga dapat menghasilkan uang dari website ini dengan cara menjadi penulis website. Anda akan dibayar antara $10-$80 dari setiap artikel yang anda kirimkan ke website ini. 
2.      Evilzone.org
Website ini adalah forum bagi para UnderGround. Anda bisa belajar banyak dari artikel-artikel yang di-publish di website ini.
3.      hackyeaster.hacking-lab.com
Website ini berisi challenge-challenge yang memacu adrenalin.
4.      xss-game.appspot.com
Seperti namanya, website ini merupakan game yang berisi celah-celah XSS di sebuah website.
5.      Hacking-lab.com
Website ini diisi para profesional yang expert di bidangnya.
6.      Overthewire.org
Sistem challenge-nya dengan cara mencari flag yang berupa password untuk dapat melanjutkan level berikutnya. Password ini yang akan menjadi password dari akun untuk level selanjutnya. 

No comments:

Post a Comment