Thursday, October 3, 2019

7 Tips Sukses Bisnis Online di Usia Muda yang Mudah Dilakukan


1.    Sebuah produk yang biasanya berhasil sukses adalah produk yang bisa menyelesaikan masalah masyarakat, memenuhi kebutuhan dan menawarkan yang menjadi minat masyarakat luas.


2.    Fokus mulai dari yang kecil. Banyak investor yang menyarankan hal ini kepada pebisnis:
“Ide Kamu terlalu kecil, Kamu harus berpikir lebih luas dan menyasar pasar yang lebih luas juga.”
Namun sebenarnya jika Anda menemukan ide unik dalam berbisnis, jangan memperluasnya terlalu cepat. Jangan takut memulai dari yang kecil karena mayoritas bisnis startup memulai seperti itu, awalnya mempersempit target demografisnya, untuk mengetahui kebutuhan masyarakat secara lebih detail dan memusatkan pemasaran pada konsumen tertentu. Setelah diterima dengan baik oleh sekelompok kecil konsumen tersebut, barulah Anda bisa mengembangkan pasar dan mengincar segmen pasar yang lebih besar.

3.    Buat perencanaan keuangan. Memulai bisnis di usia muda bukan berarti membutuhkan banyak modal, tetapi tentu tetap membutuhkan modal awal dan kemampuan untuk mengatasi biaya operasionalnya sebelum Anda bisa memperoleh keuntungan. Cobalah buat perencanaan keuangan sederhana yang mengestimasikan biaya-biaya yang Anda butuhkan, seperti biaya izin usaha, peralatan, asuransi, branding, riset pasar, penyimpanan, acara pembukaan dan sebagainya, kemudian dilanjutkan dengan biaya operasional seperti biaya sewa lokasi, biaya perawatan, marketing dan iklan, biaya produksi, bahan baku, upah pegawai dan sebagainya. Sistem akunting dibutuhkan untuk membuat dan me-manage anggaran, menentukan harga, menyelaraskan bisnis dan mengajukan pajak. Anda bisa membuat sistem keuangan sendiri sehingga sistem yang dibuat semakin jelas dan terjamin. Jika Anda kesulitan, jangan ragu untuk mengonsultasikan keuangan bisnis Anda.

4.  Terus berinovasi. Satu yang sering menyebabkan kegagalan dalam berbisnis adalah gagal mengikuti perkembangan zaman. Jika Anda terus diselimuti rasa takut dan cemas untuk berkembang, Anda akan kesulitan melangkah menuju kesuksesan. Salah satu yang membedakan pebisnis sukses dan yang kurang sukses adalah keberanian untuk mengembangkan bisnisnya seiring waktu walaupun banyak risiko yang harus ditanggung. Jangan terlalu membatasi kreativitas Anda dan terbukalah pada ide-ide baru. Dengan demikian, bisnis Anda selalu berinovasi seiring perkembangan zaman dan tidak akan kalah dengan bisnis-bisnis baru.


5.  Memanfaatkan isu yang sedang ramai diperbincangkan. Masyarakat pada umumnya, termasuk di Indonesia sebenarnya beragam dan memiliki karakteristik masing-masing. Namun entah kenapa, terbukti bahwa sifat manusia cenderung menjadi pengikut. Nah, Anda bisa memanfaatkan kecenderungan ini sebagai lahan bisnis. Manfaatkan trend sesaat untuk memperoleh banyak keuntungan.


6.   Pelajari pemasaran digital. Setelah tokonya tersedia, kini saatnya mulai memasarkannya. Anda bisa memulai pemasaran digital dengan memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya.. Saat ini, internet sudah sangat banyak membantu dan aksesnya mudah serta luas. Dengan demikian, media sosial kini menjadi salah satu sarana pemasaran yang efektif. Selain itu, gunakan juga marketplace untuk memperluas jaringan Anda dan produk Anda akan diketahui publik lebih cepat. Nah, jika keduanya masih kurang efektif, Anda bisa buat blog sederhana dan gratis melalui blogger, medium, tumblr. Fungsinya sebagai tempat untuk menuliskan testimonial, penjelasan produk dan lain sebagainya. Terakhir, gunakan teknik pemasaran yang lebih menyeluruh seperti memanfaatkan SEO dalam situs pencarian seperti Google. Dengan memahami SEO, secara tidak langsung Anda mempermudah pencarian produk Anda di dunia maya.

7.    Mencari komunitas yang mendukung. Langkah terakhir adalah mencari komunitas positif yang senantiasa mendukung bisnis Anda. Anda juga bisa menemukan mentor dalam komunitas tersebut sehingga Anda bisa bergaul sambil menimba ilmu. Keuntungan belajar kepada pengalaman orang lain adalah Anda meminimasi trial and error, artinya Anda belajar untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan pebisnis lain. Cara ini sangatlah tepat bagi pebisnis pemula karena istilahnya Anda bisa meminimalisasi kerugian dan kegagalan serta cara mengatasi masalah.



No comments:

Post a Comment