Tak sedikit pelaku UKM di Indonesia
yang akhirnya harus gulung tikar karena terjebak dengan strategi pemasaran yang
kurang efektif. Rahasia pemasaran yang biasa disingkat menjadi pendekatan
A.T.O.M terdiri dari Audience (konsumen), Timing (waktu), Offer
(penawaran), dan Message (pesan).
1.
Kenali
terlebih dahulu audiens Anda. Anda
perlu memahami orang yang menjadi konsumen potensial Anda. Dengan begitu, Anda
bisa semakin fokus untuk menentukan strategi pemasaran yang sesuai.
2.
Waktu
adalah segala-galanya. Meskipun Anda telah mempersiapkan strategi
promosi yang meyakinkan, namun prospek tidak akan berminat dengan produk Anda
jika Anda tidak mengkomunikasikannya di saat yang tepat. Pastikan pesan
marketing yang Anda sampaikan di hadapan prospek pada waktu yang tepat,
sehingga mereka merasa apa yang dibutuhkannya bisa Anda penuhi dalam timing
yang pas.
3.
Memberikan
penawaran yang tepat. Berikan
penawaran yang menarik, agar konsumen yang awalnya belum mengenal Anda bisa
mulai penasaran dan melakukan transaksi pembelian.
4.
Perhatikan
cara Anda dalam menyampaikan pesan.
Jika Anda telah mengenal audiens dengan baik, maka Anda harus bisa
menyampaikan pesan yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan ciptakan pembeda
antara produk Anda dengan produk-produk milik para kompetitor.
Rahasia Sukses Strategi Pemasaran
Teh Botol Sosro
Minuman bersoda seperti Coca-cola
mungkin menjadi pilihan nomor satu di dunia. Namun tidak di Indonesia, yang
ternyata memiliki produk minuman lokal andalan sendiri, yakni Teh Botol Sosro,
yang terbukti mampu bersaing dengan minuman milik perusahaan multinasional.
Hebatnya, minuman asli Indonesia itu
bahkan bukan sejenis minuman bersoda. Teh
siap minum yang disajikan dalam botol ini menjadi favorit masyarakat
Indonesia hanya dalam kurun waktu kurang dari setahun.
Masyarakat Indonesia memiliki budaya
minum teh yang kuat. Lewat tagline "Apa pun makanannya, minumnya Teh Botol
Sosro", masyarakat Indonesia merasa terdorong untuk menjadikan Teh Botol
Sosro sebagai minuman pendamping untuk makanan apa pun sehari-hari.
Selain itu, diungkapkan Prasad, Managing
Partner Brandgym di Asia, Teh Botol
Sosro juga hadir memenuhi berbagai tempat makan dan restoran cepat saji
seperti KFC & McDonald's.
No comments:
Post a Comment