Tuesday, March 29, 2016

4 Rahasia Pemasaran Yang Perlu Dipahami Pelaku UKM

Tak sedikit pelaku UKM di Indonesia yang akhirnya harus gulung tikar karena terjebak dengan strategi pemasaran yang kurang efektif. Rahasia pemasaran yang biasa disingkat menjadi pendekatan A.T.O.M   terdiri dari Audience (konsumen), Timing (waktu), Offer (penawaran), dan Message (pesan).
1.      Kenali terlebih dahulu audiens Anda. Anda perlu memahami orang yang menjadi konsumen potensial Anda. Dengan begitu, Anda bisa semakin fokus untuk menentukan strategi pemasaran yang sesuai.
2.      Waktu adalah segala-galanya. Meskipun Anda telah mempersiapkan strategi promosi yang meyakinkan, namun prospek tidak akan berminat dengan produk Anda jika Anda tidak mengkomunikasikannya di saat yang tepat. Pastikan pesan marketing yang Anda sampaikan di hadapan prospek pada waktu yang tepat, sehingga mereka merasa apa yang dibutuhkannya bisa Anda penuhi dalam timing yang pas.
3.      Memberikan penawaran yang tepat. Berikan penawaran yang menarik, agar konsumen yang awalnya belum mengenal Anda bisa mulai penasaran dan melakukan transaksi pembelian.
4.      Perhatikan cara Anda dalam menyampaikan pesan. Jika Anda telah mengenal audiens dengan baik, maka Anda harus bisa menyampaikan pesan yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan ciptakan pembeda antara produk Anda dengan produk-produk milik para kompetitor.


Rahasia Sukses Strategi Pemasaran Teh Botol Sosro

Minuman bersoda seperti Coca-cola mungkin menjadi pilihan nomor satu di dunia. Namun tidak di Indonesia, yang ternyata memiliki produk minuman lokal andalan sendiri, yakni Teh Botol Sosro, yang terbukti mampu bersaing dengan minuman milik perusahaan multinasional.


Hebatnya, minuman asli Indonesia itu bahkan bukan sejenis minuman bersoda. Teh siap minum yang disajikan dalam botol ini menjadi favorit masyarakat Indonesia hanya dalam kurun waktu kurang dari setahun.

Masyarakat Indonesia memiliki budaya minum teh yang kuat. Lewat tagline "Apa pun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro", masyarakat Indonesia merasa terdorong untuk menjadikan Teh Botol Sosro sebagai minuman pendamping untuk makanan apa pun sehari-hari.



Selain itu, diungkapkan Prasad, Managing Partner Brandgym di Asia, Teh Botol Sosro juga hadir memenuhi berbagai tempat makan dan restoran cepat saji seperti KFC & McDonald's.

No comments:

Post a Comment