Thursday, March 31, 2016

Manajemen Pemasaran



Sebagai falsafah bisnis, konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen. Tiga unsur konsep pemasaran:
1.      Orientasi pada konsumen.
2.      Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral.
3.      Kepuasan konsumen.

Manajemen Pemasaran Ayam Kremes Kraton

Produk inti yang ditawarkan AKK (Ayam Kremes Kraton) yaitu sesuai namanya, ayam kremes. Untuk kualitas rasa, ayam kremes yang disajikan sesuai dengan mayoritas lidah masyarakat yang berbeda-beda. Kremes yang terdapat di dalam produknya dibuat dengan suatu resep khusus sang pemilik, yang pegawainya pun tidak mengetahuinya, didukung dengan sambal yang memiliki 4 varians, seperti sambal bawang, sambal terasi, sambal hijau dan sambal penyet yang tersedia di tiap meja makan, sehingga pelanggan bisa memilih sendiri sambal yang disukai. AKK menyediakan menu paket yang terdiri dari ayam, nasi, dan juga air mineral. Sang pemilik berkehendak agar lebih fokus dengan satu produk inti, yakni ayam kremes. Dalam segi harga, AKK menawarkan produk paket yang terdiri dari ayam, nasi dan air mineral, dengan patokan harga yang relatif murah, disesuaikan dengan target pasar yang mayoritas merupakan orang kantoran dan juga mahasiswa di sekitar AKK, Utan Kayu. Bila dibandingkan dengan restoran ayam lainnya, AKK memang mematok harga yang dapat dikatakan cukup murah karena sudah dapat satu menu paket.

AKK telah memiliki beberapa cabang yang berada di tempat-tempat strategis, seperti di daerah Tebet, Boulevard Kelapa Gading, Gading Batavia, Sunter, dan Utan Kayu, yang merupakan beberapa lokasi yang ramai pengunjung, seperti orang kantoran, anak kuliahan, dan orang-orang yang memang ‘suka makan’ di sekitarnya. Pihak AKK memiliki suatu cara dengan tidak menyediakan TV, AC, agar pelanggan tidak 'nongkrong' di AKK, ini bermaksud agar pelanggan yang datang bisa langsung mendapat tempat untuk makan. AKK menyebar brosur, supaya masyarakat lebih tertarik untuk datang dan menjadi pelanggan di AKK.

Semua pegawai AKK mengenakan seragam batik guna mencirikan dirinya dan menyesuaikan dengan brand AKK sendiri yang memiliki khas ‘Kraton’. Jumlah pegawai di setiap cabang AKK berbeda-beda, ada yang 17, 25, dan 35 orang. Untuk pengolahan produk, semua sudah merupakan barang setengah jadi yang tinggal digoreng di masing-masing outlet AKK. Dalam penyajiannya, tiap outlet AKK mengikuti cara “KFC” dengan menampilkan beberapa ayam yang sudah jadi di meja tempat pemesanan. Manajer AKK sangat menekankan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan.

No comments:

Post a Comment