Thursday, February 21, 2019

Belajar Bisnis Online Jersey dari Kolektornya


Reza Setiawan, tidak hanya sebagai kolektor jersey, juga berasal dari sebuah komunitas supporter sepakbola salah satu klub, mengaku bahwa kolektor jersey bahkan sudah memiliki komunitas sendiri.

Pendapatannya per bulan bisa mencapai lebih dari 10 juta bahkan sampai 20 juta saat liga sepakbola akan bergulir. Beberapa tahun bergelut di jual beli online, akhirnya awal tahun 2012 tercetus ide bersama beberapa teman dari komunitas pecinta jersey untuk merintis sebuah toko.

Alhamdulillah karena beberapa orang yang ikut join, hampir tidak ada kesulitan karena sudah tahu seluk-beluk jual-beli jersey sebelumnya. Jadi untuk promosi terhadap member komunitas lebih mudah dan mudah memperoleh pangsa pasar karena sudah mengetahui kebutuhan calon customer. Selalu berikan kenyamanan bagi buyer dalam berbelanja.

Pertama terjun ke dunia online shop saat masih kuliah tahun 2009. Dari sinilah, si kolektor jersey ikut meramaikan jual-beli jersey via offline maupun online.

Selain permainannya yang sudah mendunia, fashion jersey sepakbola telah berkembang menjadi bidang yang cukup menjanjikan. Maka terpikirlah untuk menjual jersey saat itu hanya baru lewat forum jual-beli.

Strategi pemasarannya, digenjot melalui promosi di Twitter yang diutamakan karena sifatnya mudah dan langsung menjangkau customer. Dengan modal sekitar 50 juta maka didirikan sebuah toko bernama Forward Football Shop di Balubur Town Square lt.

Pelanggan terjauh untuk Indonesia berasal dari Jayapura dan sempat bertransaksi dengan buyer dari Hongkong. Beberapa kali memberikan promo diskon untuk customer.

Jersey kini sudah memiliki fashion sendiri, apalagi jersey sepakbola. Jumlah customer bisa lebih dari 3-5 orang per hari.

Jersey yang ditawarkannya laris manis ke seluruh pelanggan di Indonesia dan ingin menambah variasi item yang dijual.

Tips Bisnis Online Jersey Bola Ori untuk Pemula

Mau tau cara sukses bisnis jersey sepak bola online? Berikut ini tipsnya:

1.      Selalu ikuti perkembangan dunia sepakbola. Jika ingin sukses berbisnis sepak bola, Kamu harus menguasai seluk-beluk dunia sepak bola. Jangan sampai kamu ketinggalan informasi karena perubahan di dunia sepak bola sangat cepat. Selain memperbarui terus informasi soal tim dan pemain, perbarui juga perkembangan informasi tentang merchandise sepak bola, bisa didapat dari majalah, koran dalam dan luar negeri.

2.   Ikut komunitas. Kunci utama bisnis jersey sepak bola adalah mengetahui tempat dan kebutuhan pasar. Komunitas juga pasar yang jelas karena sebagian besar anggota komunitas adalah fans fanatik yang suka mengoleksi jersey sepak bola. Jika mengikuti komunitas seperti ini, Kamu bisa mengetahui kebutuhan para anggota tim sepak bola tersebut. Biasanya, informasi seputar pasar merchandise ada di komunitas-komunitas fans tim sepak bola.


3.   Kunjungi toko offline. Bagi orang yang sudah kawakan di bisnis ini, outlet resmi merupakan salah satu tempat mencari jersey murah yang mudah diperoleh. Meski barangnya tidak lengkap dan jumlahnya terbatas, tidak jarang Kamu bisa memperoleh jersey keren yang banyak dicari kolektor. Sebab, biasanya secara berkala outlet resmi akan mengobral jersey original yang tidak habis diserap pasar.

4.    Kontak teman di luar negeri. Meski tidak sedikit yang diproduksi di Indonesia, jersey original tim-tim sepak bola dunia tidak dijual langsung di sini. Lantas di mana kita harus mencari jersey yang murah? Jika punya teman yang ada di Eropa, Kamu bisa mengimpornya langsung. Faktor penting lainnya yang mendukung kesuksesan bisnis Kamu adalah kelengkapan barang dan harga yang bersaing. Beberapa negara di Asia seperti China dan Korea Selatan juga menjadi tempat berburu jersey original dengan harga bersaing.

5.   Rajin tongkrongi ebay. Jika tidak punya kenalan yang bisa membantu Kamu mengimpor jersey, Kamu pasti kesulitan memperoleh barang-barang terbaru. Alternatifnya, Kamu bisa berjualan jersey original second. Jika kamu jeli, di ebay banyak terdapat barang bagus dengan harga murah.


6.     Bikin sistem lelang. Tentu sebagai penjual jersey online, Kamu harus memiliki akun media sosial. Salah satu trik untuk memperoleh untung maksimal adalah dengan mengadakan lelang online.

No comments:

Post a Comment