Monday, February 25, 2019

Pelajar SMA ICM Belajar Bisnis Online di Kampung Blogger


Siswi SMA ICM (Insan Cendekia Madani) Kota Tangerang Selatan antusias melihat produk UMKM souvenir khas militer saat study tour di Kampung Blogger Kota Magelang yang diadakan di arena Pasar Seni Magelang (PSM) Skylight Plaza, Jalan Tentara Pelajar Kota Magelang, Jawa Tengah, tidak mengunjungi langsung Kampung Menowo, Kelurahan Kedungsari sebagai Kampung Blogger di Kota Magelang. Hal ini sekaligus sebagai upaya pengenalan pada masyarakat dan wisatawan, bahwa di Kota Magelang akan berdiri pusat penjualan dan display karya seni Warga Magelang.

Ketua Rombongan Study Tour SMA ICM, Hikmawan, mengatakan, sebelum memutuskan ke Kampung Blogger Kota Magelang, pihaknya terlebih dahulu mencari referensi. Kampung Blogger Kota Magelang sendiri merupakan komunitas bisnis daring yang konten utamanya adalah “ngeblog”, yang kemudian mempublikasikan konten-konten positif tentang produk yang dipasarkan. Sementara itu, Ketua Kampung Blogger, Wahyu Setyo Utomo, mengutarakan, memang benar para siswa ini datang untuk belajar tentang manfaat blog secara ekonomi dan bisnis.

“Kami melihat, warga mampu memanfaatkan internet untuk kepentingan ekonomi dan bisnis.  Kebetulan, di SMA ICM terdapat mata pelajaran ekonomi peminatan yang arahnya mengetahui ekonomi macam apa saja yang bisa dikembangkan di jaman sekarang,” ujar Hikmawan di sela study tour, Rabu (20/2).

“Ini contoh pemanfaatan media sosial dengan bijak. Selain para pelajar menggunakan gawai sebagai media belajar, juga bisa sekaligus mempublikasikan hal positif di sekitar mereka, termasuk berbisnis,” papar Wahyu Setyo Utomo.

Kampung Blogger cukup konsisten memanfaatkan blog di internet untuk jualan produk-produk kreatif Magelang. Wahyu Setyo Utomo, mengungkapkan rasa terima kasih atas kunjungan para siswa dari Kota Tangerang ini.


Hikmawan berujar, PSM dinilai menarik karena ternyata melibatkan komunitas blogger yang ada di Kampung Blogger Menowo, Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara. Para siswa dilatih menggunakan teknologi informasi secara positif untuk kepentingan bisnis dan ekonomi.

“Kami manfaatkan blog di media sosial ini untuk hal positif, seperti bisnis. Kita tuangkan dalam bentuk tulisan, gambar, dan video sebagai alat publikasi yang baik tentang produk yang dijual,” jelas Wahyu Setyo Utomo.

“Harapan ke depan kita punya pusat penjualan produk UMKM dan seni. Kita bekerja sama dengan pelaku-pelaku UMKM untuk jualan bersama di pasar ini,” imbuhnya.

“Kebetulan di sekolah kami ada mata pelajaran ekonomi peminatan, belajar tentang ekonomi macam apa saja yang bisa dikembangkan pada saat ini. Termasuk pengembangan yang memanfaatkan internet,” jelas Ketua Rombongan Study Tour SMA ICM, Hikmawan, disela-sela kegiatan, Rabu (20/2/2019).

No comments:

Post a Comment