Senjata untuk
melakukan riset
adalah tools. Ada banyak sekali tools yang tersedia untuk
melakukan riset ini. Pada tutorial kali ini, Saya akan mendemonstrasikan cara
melakukan riset keyword yang baik. Penggunaan Keywordtool untuk
mengidentifikasi kata kunci dan Google Keyword Planner untuk menganalisis
jumlah pencarian hingga persaingan pengiklan. Keyword adalah
istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan “kata-kata yang diketik orang-orang di
search engine” seperti Google, Bing, YouTube. Baiklah, mari memulainya!
1. Menyiapkan kata
kunci utama. Tentukan kata tunggal yang menurut Anda menarik. Kata utama yang
dimaksud adalah objek yang masih bisa terurai. Riset keyword seringkali
berguna untuk mendapatkan ide-ide produk baru yang kadang tidak terpikir. Setelah
menentukan kata utamanya, selanjutnya melakukan riset kata apa saja yang
mengikuti kata tunggal tersebut. Google seringkali memberikan informasi tentang
keyword yang masih relevan dengan yang kita riset. Caranya:
a. Buka http://keywordtool.io/
b. Selanjutnya akan
muncul form
untuk memasukkan kata
kunci. Ketikkan kata kunci tunggal yang ingin Anda analisis.
c. Seperti kata
kunci "tag wordpress" yang kita gunakan, ada sekitar 282 keyword yang
dihasilkan. Setiap keyword akan diklasifikasi. Namun keyword
dalam kotak merah yang di sebelah kiri merupakan keyword variasi yang
menjadi primadona.
2. Melakukan analisis.
Alat yang akan kita gunakan adalah Google AdWords Keyword Planner. Hasilnya,
dengan cara ini analisis yang dimunculkan sangat banyak. Dari data pertama yang
kita peroleh, kata kunci "tag wordpress plugin" menempati kata paling atas.
Maka dari itulah, kita memutuskan untuk menganalisis kata kunci ini. Ada
baiknya dimulai dengan menelurusi ide kata kunci yang diinginkan. Dengan kata
kunci "tag wordpress plugin", Google Adword akan menunjukkan tren volume
penelusuran yang terjadi sepanjang 12 bulan terakhir dan ide kata kunci yang
disarankan. Ide kata kunci ini pun ada dua jenis, ada yang secara grup dan ada
yang ide per kata. Klik Unduh untuk menyimpan semua kata kunci. Tiap kata kunci
ini bisa dijadikan ide tulisan di artikel yang akan dibuat.
3. Mengeksekusi
kata kunci dengan membuat artikel yang menarik.
No comments:
Post a Comment