Monday, March 30, 2020

BISNIS ONLINE DROPSHIP TANPA MODAL, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN


Dropship merupakan suatu sistem penjualan barang secara offline atau online, seller tidak mesti mempunyai modal bahkan punya barang sendiri. Patut Kita ketahui jika sistem bisnis dropship berbeda dengan bisnis reseller sistem, seller mesti membeli barang kepada distributor barang untuk dijadikan stok jualan, kemudian setelah itu dijual ke konsumen dengan mengambil keuntungan dari selisih harga barang tersebut.

Keuntungan dropship, seller tidak butuh mengerjakan proses pengiriman barang kepada pembeli sebab distributorlah yang mengerjakannya. Kenapa harus repot-repot untuk memulai berbisnis? Keuntungan lainnya lagi, setiap paket barang yang akan dikirim ke kosumen, menjadi atas nama dropshipper tersebut, menjadi keuntungan untuk mem-branding toko Kita di mata pelanggan. 

BISNIS ONLINE DROPSHIP TANPA MODAL

Supaya Kita sukses memasarkan barang dari distributor, sebaiknya wajib melaksanakan proses pemasaran baik secara online ataupun offline, akan tetapi pada umumnya metode online lebih efisien untuk dijalankan. Sebagian fasilitas yang dapat Kita pakai untuk memasarkan barang secara online dapat Kita gunakan media gratis seperti toko online, marketplace, website sendiri, media sosial Facebook, Instagram, melalui aplikasi messenger android: Line, Whatsapp serta media gratisan lainnya.

Bisnis dropship sejatinya lumayan simpel dan praktis. Seller dapat menentukan sebagian barang dari distributor yang hendak dijual, setelah itu mengambil sebagian gambar dari barang, gambar di-upload ke media promosi dengan diberi deskripsi barang. Bisnis dropship adalah model bisnis yang dimana Anda dapat menjalankan toko Anda tanpa harus menyimpan stok produk.

Apabila barang Kita dibeli, konsumen mengirimkan uang sesuai dengan harga barang yang dijual. Supplier Anda akan mengirimkan produk Anda dari gudang mereka, langsung ke depan pintu pelanggan Anda. 

Bisnis dropship ini memanglah nampak sangat gampang dikerjakan, apalagi dropshipper bisa melaksanakan usahanya dari mana saja, asalkan terdapat koneksi internet serta gadget yang menunjang. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang penyimpanan, pengemasan produk Anda. Akan menjadi sebuah kesulitan ketika pelanggan memilih untuk me-return barang tersebut dan menjadi kerugian bagi dropshipper. Namun memulai bisnis dropship adalah langkah awal yang bagus untuk berbisnis.

Tidak menutup kemungkinan distributor mengirimkan barang ke konsumen Kita yang kualitasnya tidak sesuai yang telah Kita jelaskan di awal sebelum pelanggan membeli barang. Menjadi dropshipper tidaklah semudah yang dibayangkan akan tetapi tetap memiliki keuntungan dan kelebihan. Memilih distributor yang trusted dan kualitas barang sesuai adalah hal penting ketika dropshipper ingin menjual barang itu kembali ke pasaran. Bisnis dropship adalah model bisnis yang berisiko rendah.

Anda hanya perlu membayar produk yang Anda jual kepada pelanggan yang membayar, tidak menjadi terbebani dengan biaya membuat produk, membawa persediaan, biaya mempertahankan persediaan yang tidak terjual dan biaya karyawan untuk pengemasan dan pengiriman produk.

Ini merupakan langkah awal yang baik untuk berbisnis karena Anda dapat memulai bisnis dropship sendiri kapan saja dan di mana saja. Peluang bisnis dropship tidak terbatas, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:
1.  Memilih Ide Bisnis Dropship. Sebenarnya, apa yang Anda jual itu penting. Anda harus meluangkan waktu untuk menemukan ide bisnis dropshipping terbaik. Kebanyakan orang-orang memilih niche yang disukai. Tapi itu tidak 100 % berhasil. Karena ini soal keuntungan yang nantinya Anda akan dapatkan. Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk riset produk yang laris manis, di antaranya:

a.    Gunakan Google Trends. Untuk mengetahui apakah niche sedang tren. Namun, tidak cukup untuk menentukan layak atau tidak. Beberapa berada pada tren tetapi tidak memiliki volume pencarian yang cukup untuk menjamin popularitasnya.

b.   Gunakan Google Adwords untuk mengetahui daya saing kata kunci niche Anda. Menggunakan Google Adwords akan membantu Anda memahami potensi ide bisnis dropship Anda.

c.    Gunakan Sosial Media. Anda bisa menggunakan sosial media untuk menelusuri niche atau produk yang sedang tren. Anda bisa memulai dengan pertanyaan-pertanyaan berikut:
1)      Berapa banyak followers yang mereka miliki?
2)      Bagaimana mereka memasarkan produk mereka?
3)      Berapa tingkat keterlibatan yang diperoleh dari produk mereka?
4)      Apa yang bisa Saya lakukan secara berbeda agar mereka terlihat berbeda?
5)      Apa yang mereka lakukan dengan benar yang harus Saya salin?

d.   Gunakan Situs Website. Jika Anda ingin menjual produk fashion, Anda bisa mengunjungi situs web peritel busana, membantu Anda memahami tren yang harus Anda tambahkan ke toko Anda sekarang. Anda juga dapat menelusuri produk-produk terlaris di toko lain untuk membantu Anda menemukan produk terbaik untuk dijual. Ide bisnis dropshipping yang paling menguntungkan bukanlah tren. Sebaliknya, mereka memiliki tren di dalamnya. Misalnya, pakaian denim adalah tren di niche fashion. Bulu mata buatan adalah tren di niche kecantikan dan sebagainya.

2.    Membangun Toko Bisnis Dropship. Ada beberapa komponen untuk membangun bisnis dropship dengan cara yang benar, berikut ini beberapa di antaranya:

a.   Membuat Halaman Website, penting untuk bisnis Anda, terutama jika membangun bisnis jangka panjang. Jika Anda ingin niche Anda sebagai kata kunci dalam nama website Anda, pastikan itu seperti kecantikan, fashion, kesehatan dan sebagainya. Selain itu, hindari menggunakan nama Anda sebagai nama untuk toko Anda.

BISNIS ONLINE DROPSHIP TANPA MODAL

b.   Membuat Akun Sosial Media. Selain membuat halaman website, Anda bisa menggunakan akun sosial media sebagai platform untuk mempromosikan produk Anda. Buatlah akun sosial media yang menurut Anda cocok untuk bisnis Anda. Seperti Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya, menjadi platform yang sempurna untuk seorang dropshipper.

BISNIS ONLINE DROPSHIP TANPA MODAL

c.  Mendaftar Di Marketplace. Jika Anda ingin berjualan melalui marketplace seperti BukaLapak, Tokopedia, Shopee dan sebagainya. Segeralah mendaftar dan membuat toko online Anda sendiri. Cara mendaftarnya tidak jauh berbeda seperti Anda mendaftar Facebook pribadi. Apalagi sekarang ini marketplace menjadi primadona untuk para pebisnis online khususnya dropshipper pemula.

BISNIS ONLINE DROPSHIP TANPA MODAL

3.      Menemukan Supplier Yang Terpercaya, merupakan kesulitan bagi seorang dropshipper pemula.

BISNIS ONLINE DROPSHIP TANPA MODAL

Demikian sedikit penjelasan tentang cara peluang bisnis dropship tanpa modal, keuntungan dropshipping serta kekurangan dropshipping, jangan lupa share jika artikel bermanfaat, berbagi itu indah.

BISNIS ONLINE DROPSHIP TANPA MODAL

No comments:

Post a Comment