Wednesday, March 20, 2019

7 Cara Bisnis Online dengan Blog

Setidaknya ada 7 cara menghasilkan uang dari blog. Tips bisnis online melalui blogging tersukses adalah Google AdSense, content placement, afiliasi, iklan langsung dan menawarkan jasa.

Ngeblog bisa menghasilkan uang. Setidaknya ada 7 cara bisnis online di blog. Mendapatkan penghasilan dari blogging diistilahkan dengan make money blogging, mendapatkan uang dari ngeblog.

bisnis online dengan blog

Namun, uang bukan tujuan utama membuat blog. Blogging adalah cara agar eksis di dunia internet. Website pribadi merupakan media personal branding, untuk menyimpan kenangan, dokumentasi pemikiran dan gagasan, berbagi ilmu, bahkan membangun opini publik.

Cara agar blog menghasilkan uang:
1.      Membuat blog lebih dulu. Siapkan blog Anda.
2.      Mulai dengan membuat konten yang bermanfaat.
3.      Mulailah menemukan pembaca.
4.      Bangun keterlibatan dengan pembaca yang datang.
5.    Mulailah menghasilkan uang dari jumlah pembaca yang Anda miliki melalui satu dari berbagai aliran pendapatan.

Blog yang bisa menghasilkan uang adalah blog yang dikunjungi banyak user, ribuan visitor, trafik tinggi. Perkiraan saya, jumlah pengunjung per hari minimal 1.000 visitor.



Agar blog banyak pengunjung, kita harus membuat blog yang ramah mesin telusur, ramah pengguna dan berisi posting yang asli tulisan sendiri, unik, aktual, menarik, update, relevan dengan Meta Tags, bermanfaat dan dibutuhkan banyak user. Blog yang bisa menghasilkan uang itu blog yang berisi konten berkualitas.


Cara menghasilkan uang dari blog adalah:
1.   Menjadi penayang iklan Google. Bahkan, situs-situs berita pun mengandalkan Google AdSense sebagai pemasukan utama. Dengan kata lain, penghasilan utama media online adalah AdSense. Banyak yang belum ada di Indonesia sih. Sistemnya Pay Per Click (PPC), dibayar jika iklan yang tampil di blog diklik user. Kita harus mendaftar, konfirmasi dan pasang kode-kode iklan di blog kita.
2.    Jaringan periklanan per 1.000 tayang. Jika blog Anda dibuka oleh seribu orang per hari maka per hari itu pula blog kita menghasilkan uang. Misalnya, blog kita dibaca 100.000 orang per bulan maka dengan bayaran US$1 CPM, blog kita menghasilkan US100 dolar per bulan.
3.    Orang lain pasang iklan di blog kita dengan harga yang kita tentukan sendiri. Ukuran terpopuler iklan banner di blog: 728 × 90 leaderboard, 120 × 600 skyscraper, 300 × 250 rectangle dan 125 × 125 pixel.
4.    Afiliasi. Blog kita memasang iklan dan menjual produk orang lain serta dapat komisi. Sebutan lain bisnis online jenis ini adalah CPA (Cost Per Action).
5.    Membuat forum private yang hanya bisa diakses member yang membayar iuran. SEO Blackhat, misalnya, mematok tarif $100 per bulan bagi anggotanya dan punya ribuan member!
6.     Donasi. Pembaca blog yang dermawan akan memberi sumbangan langsung kepada Anda.
7.   Jual template. Tinggal ketik “premium theme” atau “premium blog template”. Di sana banyak desainer blog yang menjual kreasinya. Anda tidak harus menjadi web desainer karena bisa juga ikut program afiliasi para webdesainer, misalnya di Studio Press.

No comments:

Post a Comment