Wednesday, March 13, 2019

Bisnis Online Di Indonesia Berkembang Pesat


Perdagangan dalam jaringan di Indonesia berkembang pesat seiring penggunaan smartphone dan internet, sejalan dengan kian menjamurnya marketplace. Jika Anda pengguna internet yang aktif maka bisnis online shop adalah salah satu topik yang sering Anda temukan di internet sekarang ini. Digital Marketing Senior Lead Tokopedia, Igor Irendy, menilai selama sembilan tahun mereka meramaikan e-commerce Indonesia, masyarakat belum sepenuhnya menyadari berbelanja secara online, terutama di luar kota besar. Salah satu usaha mereka untuk memperkenalkan e-commerce kepada masyarakat adalah dengan memberikan pengetahuan mengenai belanja online.

Bukan modal yang besar, hal terpenting yang harus dimiliki calon pebisnis online adalah pengetahuan tentang cara memulai sebuah usaha online shop. Banyak orang yang ingin memulai bisnis online, tapi bingung dari mana harus memulainya. Bila Anda sudah memiliki dasar pengetahuan yang baik tentang bisnis online maka bisnis ini akan terasa sangat mudah dijalankan dan tidak butuh modal yang besar.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk memulai usaha online shop:
1.    Menentukan produk yang akan dijual. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan produk yang akan dijual secara online. Mulai dari baju, tas, sepatu, perlengkapan bayi, makanan dan lain sebagainya. Pilihlah produk yang Anda sukai dan kuasai karena akan membuat Anda lebih senang menjalankan usaha online shop Anda nantinya. Dengan menjalankan bisnis yang sesuai passion akan membuat Anda lebih senang melakukannya dan peluang untuk bisa berhasil akan semakin besar.
2.    Produsen, reseller atau dropship?  Untuk menjadi produsen tentunya modal yang Anda butuhkan akan lebih besar. Sedangkan menjadi reseller berarti Anda menjual produk orang lain dan Anda harus stok barang. Untuk menjadi dropshiper, Anda nyaris tidak butuh modal.
3.    Media promosi. Untuk menjalankan bisnis online shop, Anda akan membutuhkan media promosi untuk menjajakan produk yang Anda jual.
4.  Strategi promosi. Selain menemukan media promosi yang tepat, Anda juga harus menemukan strategi promosi yang tepat untuk bisnis online shop Anda. Tanpa adanya strategi promosi yang tepat maka kemungkinan besar produk yang dijual akan sulit laku. Salah satu strategi promosi bisnis online shop yang sangat efektif saat ini adalah dengan menggunakan strategi endorse melalui beberapa orang yang berpengaruh. Tentu saja kita harus melakukan banyak campaign agar bisa menemukan strategi promosi yang paling efektif.

Kini saatnya Anda menentukan bisnis yang akan dijalankan. Jangan heran melihat pengusaha tanaman yang terlihat sepi tapi bisa survive, itu karena mereka menjual produk tanamannya secara online.

No comments:

Post a Comment