Sunday, March 3, 2019

Ingin Menjalankan Bisnis Online E-Commerce?


Secara definisi e-commerce adalah aktivitas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pengolah digital dalam melakukan transaksi bisnis untuk menciptakan, mengubah dan mendefinisikan kembali antara penjual dan pembeli. Secara umum, bisnis e-commerce dibedakan menjadi lima bentuk. Bagi Anda yang aktif dalam bidang e-commerce, akan lebih baik mengenal bentuk-bentuk e-commerce. Berikut 5 bentuk e-commerce yang ada di Indonesia.
1.  Classified atau Daftar Iklan Baris, merupakan bisnis e-commerce yang paling sederhana dari bentuk e-commerce yang lainnya.
2.      Marketplace C2C. Uang yang sudah ditransfer pembeli akan disimpan pada rekening pihak ketiga dan penjual akan menerima uang tersebut jika pembeli sudah menerima barang yang dibeli serta jika transaksi gagal maka uang akan dikembalikan kepada pembeli.
3.  Shopping Mall, mirip dengan sistem marketplace, tetapi pihak yang berjualan di e-commerce bentuk ini adalah brand yang besar dan ternama karena sistem ini akan melakukan verifikasi terlebih dahulu dengan ketat. Oleh karena itu, brand yang boleh masuk dalam model bisnis ini harus yang besar agar si pelaku bisnis e-commerce mendapatkan keuntungan yang besar juga.
4.   Toko Online B2C, termasuk sederhana, pihak e-commerce menjual produk dagangannya sendiri secara online.

Menjalankan bisnis e-commerce memiliki banyak manfaat, seperti bisa diakses kapan saja dan di mana saja, lebih cepat dan mudah mencari produk, menghemat biaya dan waktu perjalanan serta sistem pembayaran yang mudah. Apa pun bisnis e-commerce yang dipilih, Anda harus membuat laporan keuangan agar mengetahui kondisi dengan tepat.



No comments:

Post a Comment