Teknik pemasaran yang baik didukung strategi pemasaran yang efektif. Dalam
memasarkan produk dari suatu brand, Anda akan memerlukan strategi
promosi yang tepat pada sasaran.
1.
Kenali
pelanggan Anda. Identifikasi target market Anda akan
membantu Anda dalam menyusun strategi marketing yang efektif. Jadi, dengan
mengetahui siapa target market Anda, Anda akan terhindar dari terbuangnya waktu
dan biaya yang sia-sia.
2.
Lakukan upaya promosi. Jika
penawaran Anda lebih unik dan menarik, lanjutkan upaya promosi tersebut. Siapkan
diri Anda untuk membuat pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan Anda. Pelanggan
yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi pelanggan loyal yang dapat
menarik pelanggan baru.
3.
Pilih lokasi
yang strategis. Usahakan untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar
kesempatan bisnis Anda untuk dapat diakses pelanggan lebih terbuka.
4.
Internet marketing bisa jadi salah
satu strategi marketing yang sangat efektif. Anda dapat mengetahui selera pelanggan
dan kebutuhan pelanggan Anda dengan menempatkan bisnis Anda di situs jejaring
sosial. Anda dapat melakukan strategi promosi dengan memperkenalkan brand dan
juga produk yang ingin Anda pasarkan kepada pengguna media sosial. Dengan
menggunakan media sosial, maka pendekatan yang akan Anda lakukan menjadi lebih
personal dan juga menjadi ‘lebih dekat’ dengan target market.
5.
Jalin
hubungan dengan pelanggan. Memelihara
pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Berikan
insentif bagi pelanggan setia Anda yang memberikan rekomendasi kepada calon
pelanggan lainnya untuk menggunakan produk dari brand yang Anda
pasarkan. Dengan cara tersebut, pelanggan setia Anda akan terus menggunakan dan
semakin semangat untuk merekomendasikan produk Anda. Hal itu tentunya merupakan
salah satu strategi promosi yang jitu!
6.
The power of focus. Kesuksesan
Apple karena mereka fokus dengan sumber daya mereka dan produk yang lebih
sedikit tapi inovatif. Anda dapat meningkatkan produksi Anda di wilayah tertentu.
7.
Adakan
Lomba. Dengan menampilkan logo Anda pada
kontes, maka brand yang akan Anda promosikan akan dikenal peserta lomba.
8.
Bagi-bagi
Produk. Jika brand Anda sedang ingin
memperkenalkan produk baru dari produk yang pernah dikeluarkan, maka salah satu
strategi promosi yang cocok untuk dilakukan adalah dengan memberikan produk
langsung kepada target market.
9. Tempatkan produk di tempat yang
tepat. Penempatan produk yang baik adalah penempatan produk pada toko yang
dapat menambahkan angka penjualan. Anda bisa saja memindahkan produk Anda untuk
diletakkan di antara 2 jenis produk lain yang merupakan komplementer jenis
produk yang Anda jual. Anda juga bisa menempatkan produk yang Anda pasarkan
pada ujung gang toko sehingga mudah untuk ditemukan. Dengan memanfaatkan segi
letak produk dalam toko, tentunya ini menjadi strategi promosi yang jitu,
bukan?
10. Selenggarakan acara bagi para pelanggan setia produk yang
akan Anda promosikan. Dengan strategi promosi melalui acara-acara tersebut,
loyalitas dari peserta acara tersebut akan bertambah dan begitu juga rasa
senang pelanggan dengan brand Anda.
No comments:
Post a Comment