Thursday, April 14, 2016

10 Strategi Pemasaran Sukses dengan Cara yang Lebih Mudah



Teknik pemasaran yang baik didukung strategi pemasaran yang efektif. Dalam memasarkan produk dari suatu brand, Anda akan memerlukan strategi promosi yang tepat pada sasaran.
1.      Kenali pelanggan Anda. Identifikasi target market Anda akan membantu Anda dalam menyusun strategi marketing yang efektif. Jadi, dengan mengetahui siapa target market Anda, Anda akan terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia.
2.      Lakukan upaya promosi. Jika penawaran Anda lebih unik dan menarik, lanjutkan upaya promosi tersebut. Siapkan diri Anda untuk membuat pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan Anda. Pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi pelanggan loyal yang dapat menarik pelanggan baru.
3.      Pilih lokasi yang strategis. Usahakan untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan bisnis Anda untuk dapat diakses pelanggan lebih terbuka.
4.      Internet marketing bisa jadi salah satu strategi marketing yang sangat efektif. Anda dapat mengetahui selera pelanggan dan kebutuhan pelanggan Anda dengan menempatkan bisnis Anda di situs jejaring sosial. Anda dapat melakukan strategi promosi dengan memperkenalkan brand dan juga produk yang ingin Anda pasarkan kepada pengguna media sosial. Dengan menggunakan media sosial, maka pendekatan yang akan Anda lakukan menjadi lebih personal dan juga menjadi ‘lebih dekat’ dengan target market.
5.      Jalin hubungan dengan pelanggan. Memelihara pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Berikan insentif bagi pelanggan setia Anda yang memberikan rekomendasi kepada calon pelanggan lainnya untuk menggunakan produk dari brand yang Anda pasarkan. Dengan cara tersebut, pelanggan setia Anda akan terus menggunakan dan semakin semangat untuk merekomendasikan produk Anda. Hal itu tentunya merupakan salah satu strategi promosi yang jitu!
6.      The power of focus. Kesuksesan Apple karena mereka fokus dengan sumber daya mereka dan produk yang lebih sedikit tapi inovatif. Anda dapat meningkatkan produksi Anda di wilayah tertentu.
7.      Adakan Lomba. Dengan menampilkan logo Anda pada kontes, maka brand yang akan Anda promosikan akan dikenal peserta lomba.
8.      Bagi-bagi Produk. Jika brand Anda sedang ingin memperkenalkan produk baru dari produk yang pernah dikeluarkan, maka salah satu strategi promosi yang cocok untuk dilakukan adalah dengan memberikan produk langsung kepada target market.
9.      Tempatkan produk di tempat yang tepat. Penempatan produk yang baik adalah penempatan produk pada toko yang dapat menambahkan angka penjualan. Anda bisa saja memindahkan produk Anda untuk diletakkan di antara 2 jenis produk lain yang merupakan komplementer jenis produk yang Anda jual. Anda juga bisa menempatkan produk yang Anda pasarkan pada ujung gang toko sehingga mudah untuk ditemukan. Dengan memanfaatkan segi letak produk dalam toko, tentunya ini menjadi strategi promosi yang jitu, bukan?
10.  Selenggarakan acara bagi para pelanggan setia produk yang akan Anda promosikan. Dengan strategi promosi melalui acara-acara tersebut, loyalitas dari peserta acara tersebut akan bertambah dan begitu juga rasa senang pelanggan dengan brand Anda.


No comments:

Post a Comment