Thursday, April 14, 2016

Marketing Mix



Kegiatan pemasaran dilakukan secara bersama di antara elemen-elemen yang ada dalam marketing mix itu sendiri. Penggunaan marketing mix dalam dunia bisnis, tentunya dilakukan dengan menggunakan konsep-konsep yang sesuai kebutuhan masing-masing prusahaan. Dalam praktiknya, konsep marketing mix terdiri dari marketing mix untuk barang dan marketing mix untuk jasa. Untuk Usaha barang terdapat 4 unsur marketing mix yaitu: product, price, place, dan promotion. Khusus untuk produk yang berbentuk jasa, diperlukan konsep yang sedikit berbeda dengan produk barang.


Untuk usaha jasa terdapat 7 unsur marketing mix yaitu:

1.   Product. Pembelian sebuah produk bukan hanya sekedar untuk memiliki produk tersebut tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.


2.   Price. Menurut Monroe (2005), harga merupakan pengorbanan ekonomis yang dilakukan pelanggan untuk memperoleh produk atau jasa.

3.   Promotion. Media promosi yang dapat digunakan antara lain:
  1. Periklanan.
  2. Promosi penjualan.
  3. Publisitas dan hubungan masyarakat.
  4. Pemasaran langsung.

4.      Place. Kotler (2000: 96) menyatakan bahwa “Saluran distribusi terdiri dari seperangkat lembaga yang melakukan segala kegiatan (fungsi) yang digunakan untuk menyalurkan produk dan status pemiliknya dari produsen ke konsumen”. Distribusi memperlihatkan berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menjadikan produk diperoleh dan tersedia bagi konsumen sasaran.

5.   People, adalah orang-orang yang terlibat secara langsung dalam proses layanan itu sendiri, misalnya dalam jasa kecantikan: para reception, dokter, dan beauty therapis.

6.   Process: fasilitas jasa konsultasi gratis, pengiriman produk, credit card, card member dan fasilitas layanan yang berpengaruh pada image perusahaan.


7.      Physical Evidence. Karakteristik lingkungan fisik merupakan segi paling nampak dalam kaitannya dengan situasi. Yang dimaksud dengan situasi ini adalah situasi dan kondisi geografi dan lingkungan institusi, dekorasi, ruangan, suara, aroma, cahaya, cuaca, peletakan dan layout yang nampak atau lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli (Belk 1974 dalam Assael 1992).

Dari ketujuh elemen marketing mix tersebut yang merupakan kunci sukses bagi sebuah usaha di antaranya adalah kelengkapan produk layanan yang siap ditawarkan, lokasi yang strategis, keramahan dan efektivitas pelayanan, tempat parkir yang memadai, dan fasilitas lain pendukung kenyamanan konsumen.


Untuk memenangkan persaingan pasar, dalam mengimplementasikan marketing mix dapat dilakukan dengan berbagai strategi pemasaran. Ketepatan perusahaan dalam menggunakan strategi marketing mix ini ditentukan kualitas jasa yang ditawarkan. Keberhasilan faktor ini dapat diukur dengan hal-hal berikut:
1.   Kualitas barang yang diterima pelanggan. Artinya, yang diterima pelanggan pada saat membeli barang perusahaan.
2.   Produk yang diharapkan pelanggan. Artinya yang dirasakan pelanggan sesuai dengan keinginan, kebutuhan, serta harapan atas barang yang dibelinya.

Terima kasih telah berkunjung, dan membaca artikel marketing mix.

No comments:

Post a Comment