Kegiatan
pemasaran dilakukan secara bersama di antara elemen-elemen yang ada dalam marketing
mix itu sendiri. Penggunaan marketing
mix dalam dunia bisnis, tentunya dilakukan dengan menggunakan
konsep-konsep yang sesuai kebutuhan masing-masing prusahaan. Dalam praktiknya,
konsep marketing mix terdiri
dari marketing mix untuk barang dan marketing mix untuk jasa. Untuk Usaha
barang terdapat 4 unsur marketing mix yaitu: product, price, place, dan promotion.
Khusus untuk produk yang berbentuk jasa, diperlukan konsep yang sedikit berbeda
dengan produk barang.
Untuk
usaha jasa terdapat 7 unsur marketing mix yaitu:
1. Product. Pembelian sebuah produk bukan hanya sekedar untuk
memiliki produk tersebut tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
2. Price. Menurut Monroe (2005), harga merupakan pengorbanan
ekonomis yang dilakukan pelanggan untuk memperoleh produk atau jasa.
3. Promotion. Media promosi yang dapat digunakan antara lain:
- Periklanan.
- Promosi penjualan.
- Publisitas dan hubungan masyarakat.
- Pemasaran langsung.
4.
Place. Kotler (2000: 96) menyatakan
bahwa “Saluran distribusi terdiri dari seperangkat lembaga yang melakukan
segala kegiatan (fungsi) yang digunakan untuk menyalurkan produk dan status
pemiliknya dari produsen ke konsumen”. Distribusi memperlihatkan berbagai
kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menjadikan produk diperoleh dan
tersedia bagi konsumen sasaran.
5. People, adalah orang-orang yang terlibat secara langsung
dalam proses layanan itu sendiri, misalnya dalam jasa kecantikan: para
reception, dokter, dan beauty therapis.
6. Process: fasilitas jasa
konsultasi gratis, pengiriman produk, credit card, card member dan
fasilitas layanan yang berpengaruh pada image perusahaan.
7.
Physical Evidence. Karakteristik
lingkungan fisik merupakan segi
paling nampak dalam kaitannya dengan situasi. Yang dimaksud dengan situasi ini
adalah situasi dan kondisi geografi dan lingkungan institusi, dekorasi,
ruangan, suara, aroma, cahaya, cuaca, peletakan dan layout yang nampak atau
lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli (Belk 1974 dalam Assael 1992).
Dari ketujuh elemen marketing mix
tersebut yang merupakan kunci sukses bagi sebuah usaha di antaranya adalah
kelengkapan produk layanan yang siap ditawarkan, lokasi yang strategis,
keramahan dan efektivitas pelayanan, tempat parkir yang memadai, dan fasilitas
lain pendukung kenyamanan konsumen.
Untuk memenangkan persaingan pasar,
dalam mengimplementasikan marketing mix dapat dilakukan
dengan berbagai strategi pemasaran. Ketepatan perusahaan dalam menggunakan strategi marketing mix ini ditentukan
kualitas jasa yang ditawarkan. Keberhasilan faktor ini dapat diukur dengan
hal-hal berikut:
1. Kualitas barang yang diterima pelanggan. Artinya, yang
diterima pelanggan pada saat membeli barang perusahaan.
2. Produk yang diharapkan pelanggan. Artinya yang dirasakan
pelanggan sesuai dengan keinginan, kebutuhan, serta harapan atas barang yang
dibelinya.
Terima kasih telah berkunjung, dan
membaca artikel marketing mix.
No comments:
Post a Comment