Thursday, April 14, 2016

6 Tahap Menyusun Strategi Content Marketing yang Mampu Meningkatkan Pengunjung dan Penjualan



Pengunjung menemukan konten anda sebagai solusinya. Itulah yang kita rencanakan.


Kita membuat konten yang menyelesaikan permasalahan pengunjung. Pengunjung mengunjungi konten anda, kemudian akhirnya membeli. Silahkan ikuti tahap 1-6 berikut ini untuk mengetahui cara membuat strategi content marketing anda sendiri.


1.      Memahami tujuan konten. Konten untuk mendatangkan visitor berbeda dengan konten untuk mendapatkan penjualan. Kalau website anda hanya dipenuhi dengan konten-konten yang tujuannya mendorong mereka untuk membeli, hasilnya lebih buruk daripada kalau tidak ada konten sama sekali.


2.      Mengenali audiens anda. Ingin bisa menjual, tapi kita justru buat konten yang tidak menjual. Kita harus menyediakan konten yang menyelesaikan masalah. Dengan begitu kita bisa membuat konten yang pas buat visitor. Sekarang kita jadi tahu konten yang harus kita sediakan.


3.      Buat perencanaan & pemetaan konten. Kita pisahkan jenis konten menjadi 3:
  1. Konten pengenalan.
  2. Konten branding.
  3. Konten penjualan.

4.      Memahami strategi pembuatan konten. Yang perlu anda perhatikan: di dalam konten pengenalan anda terdapat link menuju konten branding.


5.      Lakukan distribusi konten. Mustahil konten anda bisa ditemukan kalau bukan anda yang keluar untuk mendistribusikan konten itu. Ini tahapan mendistribusikan konten:
  1. Pastikan anda sudah memiliki konten yang luar biasa. Mempromosikan konten yang tidak berkualitas justru akan merusak reputasi anda.
  2. Install alat bantu analisa seperti Google Analytics.
  3. Sediakan metode untuk “menangkap” pembaca, lakukan email list building.
  4. Pelajari metode promosi konten yang benar.

6.      Ukur dan analisis hasil kerja. Bagaimana cara supaya anda bisa mengetahui performa konten anda? Apa yang kita ukur? Tolak ukur keberhasilan untuk konten penjualan:
  1. CTR menuju landing page.
  2. Pendapatan.
  3. Tingkat konversi penjualan.
  4. ROI, perbandingan antara biaya yang dikeluarkan untuk konten dengan pemasukan yang didapatkan dari konten.

No comments:

Post a Comment