Riset
pasar memberikan pengusaha gambaran tentang jenis produk dan layanan baru yang mungkin memberikan keuntungan.
Untuk jenis produk dan layanan yang sudah tersedia, riset pasar bisa
memberitahu perusahaan apakah mereka berhasil memenuhi kebutuhan dan harapan
konsumen.
Rencana
riset pasar yang baik mengindikasikan ke mana dan siapa pelanggan kita. Semua
usaha kecil harus menyadari akan pentingnya pengetahuan mengenai ceruk pasar
yang mereka garap dan kekuatan yang mereka coba tawarkan ke pasar. Riset
membantu usaha rintisan membuat produk yang menakjubkan, mereka juga dapat
dengan mudah jatuh jika pasar dalam area tersebut tidak menanggapi jenis produk
yang ditawarkan dengan positif.
Terlepas
dari riset kegunaan yang diberikan data
hasil riset kepada perusahaan untuk meningkatkan produk dan layanannya,
riset pasar juga merupakan sebuah bentuk iklan. Usaha kecil banyak yang
memiliki penetrasi pasar dan visibilitas terhadap pelanggan yang masih rendah,
riset pasar juga amat dibutuhkan untuk usaha kecil yang menghendaki lebih
banyak klien potensial yang akan mengetahui keberadaan mereka.
Berikut ini adalah tahapan riset
pasar yang bisa dilakukan:
1.
Lakukan survey pasar, Anda bisa
mengetahui minat dan kebutuhan konsumen, yang telah diwakili dari hasil survey
yang didapatkan di lapangan.
2.
Amati perkembangan pasar. Anda bisa
melakukan riset dengan mengamati perkembangan pasar yang ada saat ini. Amati
trend yang sedang banyak dicari masyarakat, dan amati pula produk-produk yang
sudah ada di pasaran.
3.
Perhatikan tingkat persaingan pasar.
Sebelum memasarkan produk, sebaiknya Anda mengetahui tingkat persaingan yang
ada di pasaran agar produk Anda tidak kalah saing di tengah-tengah pasar yang
sudah ramai.
Sebisa
mungkin lakukan riset sebelum Anda melangkah agar strategi pemasaran yang Anda
gunakan tepat sasaran, dan
memberikan hasil yang maksimal.
No comments:
Post a Comment