1.
Needs,
wants dan demands, adalah hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik.
2. Product yang
berupa barang, jasa dan gagasan, adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan
untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan.
3.
Nilai,
biaya dan kepuasan. Biaya pemasaran menurut Hansen dan Mowen adalah biaya-biaya
yang diperlukan untuk memasarkan produk, meliputi biaya gaji dan komisi tenaga
jual, biaya iklan, biaya pergudangan dan biaya pelayanan pelanggan.
4. Transaksi dan pertukaran. Transaksi
adalah pertemuan antara dua belah pihak yang saling menguntungkan dengan adanya
dokumen pendukung yang dimasukkan ke dalam jurnal setelah melalui pencatatan.
5. Hubungan dan jaringan. Hubungan adalah
praktik membangun hubungan jangka panjang yang memuaskan dengan pihak-pihak
kunci pelanggan, pemasok, penyalur, guna mempertahankan preferensi dan bisnis
jangka panjang.
6.
Pasar,
Pemasar dan Prospek. Pasar adalah semua pelanggan potensial yang memiliki
kebutuhan dan keinginan tertentu yang sama, yang mungkin bersedia dan mampu
melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan. Pemasar adalah
seseorang yang mencari satu calon pembeli yang akan terlibat dalam pertukaran
nilai.
No comments:
Post a Comment