Manajemen
Strategi memberikan arahan menyeluruh
untuk perusahaan dan terkait erat dengan bidang perilaku organisasi.
Berbagai buku mendefinisikan manajemen strategi dengan kata-kata yang berbeda.
Begitu banyak pengertian Manajemen Strategi, namun pada dasarnya Manajemen
Strategi merupakan suatu sistem yang sebagai satu kesatuan memiliki berbagai
komponen yang saling berhubungan dan mempengaruhi.
1.
Perencanaan strategi dengan unsur-unsurnya yang terdiri
dari visi, misi, tujuan dan strategi utama organisasi.
2.
Perencanaan operasional dengan unsur-unsurnya, sasaran
dan tujuan operasional, pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen berupa fungsi
pengorganisasian, fungsi pelaksanaan dan fungsi penganggaran, kebijaksanaan
situsional, jaringan kerja internal daneksternal, fungsi kontrol dan evaluasi
serta umpan balik.
Berikut
merupakan 4 formulasi Manajemen Strategi antara lain:
1.
Menjadi objektif. Kejujuran, penilaian yang tenang dari
kekuatan dan kelemahan perusahaan dan keahlian bisnis serta manajemennya adalah
hal yang mendasar.
2.
Membuat sederhana dan terfokus. Dalam usaha kecil,
kesederhanaan adalah efektif.
3.
Fokus pada pasar yang menguntungkan. Kelangsungan hidup
dan keberhasilan usaha kecil oleh persediaan barang dan jasa khusus yang
menemukan keinginan dan kebutuhan dari pemilihan kelompok pelanggan.
4.
Mengerti seluruh fase bisnis. Pengendalian usaha kecil
dan kemajuan keuntungan usaha kecil, tergantung pada pengertian yang lengkap
dari seluruh fungsi bisnis.
Beberapa jurus manajemen
strategi yang terbukti jitu dalam strategi bisnis antara lain:
1.
Manajemen Strategi yang berorientasi pada product leadership.
2.
Manajemen Strategi yang berorientasi pada operational excellence, yang paling
utama adalah membangun proses bisnis yang efektif & efisien.
3.
Manajemen Strategi yang berorientasi pada customer intimacy, yang paling utama
adalah membangun hubungan yang akrap dengan semua pelanggannya sehingga akan
membentuk mitra bisnis yang langgeng dan berkelanjutan.
No comments:
Post a Comment