Pemasaran menurut W. Y. Stanton adalah sesuatu yang
meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan
menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan
jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial. Pemasaran
memiliki tujuan yaitu :
1.
Konsumen potensial mengetahui secara
detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua
permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
2.
Perusahaan dapat menjelaskan secara
detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran.
Berikut ini adalah hal-hal yang
perlu diperhatikan untuk pemasaran:
1.
Dari sudut pandang penjual:
- Tempat yang strategis (place).
- Produk yang bermutu (product).
- Harga yang kompetitif (price).
- Promosi yang gencar (promotion).
2.
Dari sudut pandang konsumen :
- Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants).
- Biaya konsumen (cost to the customer).
- Kenyamanan (convenience).
- Komunikasi (comunication).
Pemasaran
yang berkesinambungan harus ada koordinasi yang baik dengan berbagai departemen sehingga dapat
menciptakan sinergi dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran.
Konsep
pemasaran modern yang dikenal saat ini baru muncul dan berkembang pada Masa Revolusi
Industri yang terjadi pada abad ke-18 dan ke-19.
No comments:
Post a Comment