Thursday, April 14, 2016

Pemasaran



Pemasaran menurut W. Y. Stanton adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial. Pemasaran memiliki tujuan yaitu :
1.      Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
2.      Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran.


Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran:

1.      Dari sudut pandang penjual:
  1. Tempat yang strategis (place).
  2. Produk yang bermutu (product).
  3. Harga yang kompetitif (price).
  4. Promosi yang gencar (promotion).


2.      Dari sudut pandang konsumen :
  1. Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants).
  2. Biaya konsumen (cost to the customer).
  3. Kenyamanan (convenience).
  4. Komunikasi (comunication).
Pemasaran yang berkesinambungan harus ada koordinasi yang baik dengan berbagai departemen sehingga dapat menciptakan sinergi dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran. 

Konsep pemasaran modern yang dikenal saat ini baru muncul dan berkembang pada Masa Revolusi Industri yang terjadi pada abad ke-18 dan ke-19. 


No comments:

Post a Comment