Saat
ini, konsumen memiliki “kendali
penuh” atas produk yang akan dijual produsen. Kotler dan Armstrong memandang pengertian
manajemen pemasaran sebagai bentuk “hubungan” untuk mencapai tujuan sebuah
organisasi. Konsep manajemen pemasaran ini sangat erat kaitannya dengan
hubungan timbal balik antara konsumen dan produsen.
Setiap perusahaan pastinya memiliki
landasan ide dan filosofi yang berbeda-beda. Apa pun konsep yang dimiliki
sebuah entitas, paling tidak 5 konsep manajemen pemasaran berikut bisa diadopsi
untuk eksistensi perusahaan yang akan terus berlanjut.
1. Production Concept.
2. Product Concept.
3. Selling Concept.
4. Marketing concept.
5.
Societal
Marketing Concept.
Konsep produksi
dan produk yang dihasilkan merupakan langkah awal dalam manajemen pemasaran. Sebuah
entitas harus mampu menciptakan sistem produksi dan distribusi yang baik, serta
menghasilkan produk yang berkualitas serta mampu memenuhi kebutuhan konsumen.
Perusahaan
tidak memproduksi yang mereka mampu buat, melainkan memproduksi yang mampu
untuk dijual. Untuk menghasilkan penjualan yang signifikan, aspek kepuasan
konsumen menjadi nomor satu, inti dari konsep marketing dalam manajemen
pemasaran.
No comments:
Post a Comment