Tuesday, April 12, 2016

Manajemen Pemasaran Sebagai Hubungan Timbal Balik



Saat ini, konsumen memiliki “kendali penuh” atas produk yang akan dijual produsen. Kotler dan Armstrong memandang pengertian manajemen pemasaran sebagai bentuk “hubungan” untuk mencapai tujuan sebuah organisasi. Konsep manajemen pemasaran ini sangat erat kaitannya dengan hubungan timbal balik antara konsumen dan produsen.

Setiap perusahaan pastinya memiliki landasan ide dan filosofi yang berbeda-beda. Apa pun konsep yang dimiliki sebuah entitas, paling tidak 5 konsep manajemen pemasaran berikut bisa diadopsi untuk eksistensi perusahaan yang akan terus berlanjut.
1.      Production Concept.
2.      Product Concept.
3.      Selling Concept.
4.      Marketing concept.
5.      Societal Marketing Concept.


Konsep produksi dan produk yang dihasilkan merupakan langkah awal dalam manajemen pemasaran. Sebuah entitas harus mampu menciptakan sistem produksi dan distribusi yang baik, serta menghasilkan produk yang berkualitas serta mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

Perusahaan tidak memproduksi yang mereka mampu buat, melainkan memproduksi yang mampu untuk dijual. Untuk menghasilkan penjualan yang signifikan, aspek kepuasan konsumen menjadi nomor satu, inti dari konsep marketing dalam manajemen pemasaran.

No comments:

Post a Comment