Pada postingan kali ini akan
dibahas tentang pengertian pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran,
taktik pembelajaran, dan model pembelajaran. Setelah Pendekatan pembelajaran
ditetapkan selanjutnya diturunkan ke dalam Strategi Pembelajaran, adalah
pola-pola umum kegiatan guru dan siswa dalam mewujudkan kegiatan pembelajaran
untuk mencapai kompetensi dasar tertentu.
Menurut Hamzah B. Uno, strategi
pembelajaran merupakan hal yang perlu diperhatikan guru dalam proses
pembelajaran. Kemp (Wina Senjaya, 2008) mengartikan bahwa strategi pembelajaran
adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar
tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Dick dan Carey
mengatakan bahwa strategi pembelajaran adalah komponen-komponen dari suatu set
materi termasuk aktivitas sebelum pembelajaran dan partisipasi peserta didik
yang merupakan prosedur pembelajaran yang digunakan kegiatan selanjutnya.
Sedangkan menurut Suparman, Strategi pembelajaran merupakan perpaduan dari
urutan kegiatan, cara mengorganisasikan materi pelajaran peserta didik,
peralatan dan bahan, dan waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk
mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
Metode Pembelajaran dapat diartikan sebagai cara
yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam
bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat bermacam-macam metode dalam
pembelajaran, yaitu metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode
pemberian tugas, metode eksperimen, dan metode demonstrasi.
Taktik pembelajaran adalah gaya seseorang dalam melaksanakan metode pembelajaran tertentu
yang sifatnya individual. Model pembelajaran merupakan bungkus dari penerapan
suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
No comments:
Post a Comment