Thursday, April 14, 2016

Strategi Pemasaran Informasi



Melalui strategi pemasaran, sebuah proses marketing yang baik dapat dipertahankan, memberikan cara-cara yang baru yang membuat para pelanggan senantiasa menemukan keunikan dalam produk kita, hal ini merupakan salah satu strategi yang dibutuhkan dalam strategi pemasaran.


Beberapa bagian dari strategi pemasaran yaitu:
1.      Produk, merupakan barang yang ditawarkan penjual kepada konsumen.
2.      Harga, dalam bentuk uang atau informasi yang dibutuhkan konsumen.
3.      Promosi, merupakan upaya untuk memperkenalkan sebuah produk kepada konsumen sebagai bagian dari strategi pemasaran, dari yang belum tahu menjadi tahu, yang meliputi beberapa aspek:
  1. To inform: memberitahu sesuatu, dalam hal ini mengenai yang dimilikinya, yang dapat diberikan kepada konsumen. Memberitahukan kepada konsumen, informasi yang tepat untuk disuguhkan kepada masyarakat.
  2. To influence: mempengaruhi konsumen agar mereka tidak enggan berkunjung, tidak enggan menggunakan jasa layanan informasi, merubah image konsumen tentang jasa informasi.

Yang menjadi karakter jasa yaitu:
1.      Tidak terwujud, yaitu jasa yang tidak dapat dilihat, diraba, dirasakan, dan dipegang sebelum dibeli.
2.      Tidak dapat dipisahkan. Jasa tersebut tidak akan terpisah apabila diproduksi dan dikonsumsi pada saat yang bersamaan.
3.      Bervariasi. Jasa memiliki banyak variasi, semua tergantung pada siapa, kapan dan di mana saja disajikan.


Aspek pemasaran jasa informasi:
1.      Permintaan informasi berarti keinginan manusia untuk mengetahui dan mendapatkan informasi.
2.      Produksi informasi yang berarti kebutuhan, keinginan dan permintaan informasi yang terpenuhi mendorong manusia untuk mentransfer kepada orang lain.

Kiat memasarkan jasa informasi:
1.      Promosi agar orang senantiasa berkunjung.
2.      Kerjasama dengan organisasi terkait untuk mempergunakan fasilitas yang ada.

No comments:

Post a Comment