Melalui strategi pemasaran, sebuah
proses marketing yang baik dapat dipertahankan, memberikan cara-cara yang baru
yang membuat para pelanggan senantiasa menemukan keunikan dalam produk kita, hal ini merupakan salah
satu strategi yang dibutuhkan dalam strategi pemasaran.
Beberapa bagian dari strategi
pemasaran yaitu:
1.
Produk,
merupakan barang yang ditawarkan penjual kepada konsumen.
2.
Harga,
dalam bentuk uang atau informasi yang dibutuhkan konsumen.
3.
Promosi,
merupakan upaya untuk memperkenalkan sebuah produk kepada konsumen sebagai
bagian dari strategi pemasaran, dari yang belum tahu menjadi tahu, yang
meliputi beberapa aspek:
- To inform: memberitahu sesuatu, dalam hal ini mengenai yang dimilikinya, yang dapat diberikan kepada konsumen. Memberitahukan kepada konsumen, informasi yang tepat untuk disuguhkan kepada masyarakat.
- To influence: mempengaruhi konsumen agar mereka tidak enggan berkunjung, tidak enggan menggunakan jasa layanan informasi, merubah image konsumen tentang jasa informasi.
Yang menjadi karakter jasa yaitu:
1.
Tidak
terwujud, yaitu jasa yang tidak dapat dilihat, diraba, dirasakan, dan dipegang
sebelum dibeli.
2.
Tidak
dapat dipisahkan. Jasa tersebut tidak akan terpisah apabila diproduksi dan
dikonsumsi pada saat yang bersamaan.
3.
Bervariasi.
Jasa memiliki banyak variasi, semua tergantung pada siapa, kapan dan di mana
saja disajikan.
Aspek pemasaran jasa informasi:
1.
Permintaan
informasi berarti keinginan manusia untuk mengetahui dan mendapatkan informasi.
2.
Produksi
informasi yang berarti kebutuhan, keinginan dan permintaan informasi yang terpenuhi mendorong manusia untuk
mentransfer kepada orang lain.
Kiat memasarkan jasa informasi:
1.
Promosi
agar orang senantiasa berkunjung.
2.
Kerjasama
dengan organisasi terkait untuk
mempergunakan fasilitas yang ada.
No comments:
Post a Comment